EFEKTIFITAS SOSIALISASI ASURANSI SYARIAH PT. PRU Syariah BOGOR (Studi pada Pasar di Bogor)

Abstract

Asuransi dalam Islam pada dasarnya mengarahkan bagaimana membangun masyarakat yang bekerja sama, saling membantu, bertanggung jawab dan saling melindungi satu sama lain. Oleh karena itu kehadiran asuransi syariah sangat penting untuk mendorong persaudaraan dan membantu meringankan masalah atau bencana saling berhadapan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran sosialisasi asuransi syariah kepada masyarakat atau belum efektif dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang syariah auransi, juga bertujuan untuk mengukur efektivitas sosialisasi asuransi syariah.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dalam memperoleh data menggunakan melalui kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Importance performance Analisis (IPA) untuk memetakan tingkat kepentingan dalam kinerja spesifik produk, dan kemudian mencari tahu seberapa efektif sosialisasi yang dilakukan oleh PT. PRU Syariah Bogor di pasar Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas sosialiasai PT. PRU Syariah Bogor belum efektif dalam mensosialisasikan asuransi syariah kepada masyarakat, hal ini disebabkan faktor sumber daya yang digunakan masih sulit untuk menyebarkan asuransi syariah secara efektif.Katakunci : Sosialisasi Takaful, Efektivitas.