KARAKTERISTIK ENTREPRENEUR SYARIAH PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI BOGOR
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik entrepreneur syariah pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis fenomenologi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada tiga usaha UMKM di Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, kegiatan usaha yang dipraktikan oleh setiap UMKM dimulai dari proses produksi dan proses pemasaran. Kedua, UMKM di wilayah Bogor telah mempunyai karakter jujur (Shiddiq), berbisnis secara adil atau keadilan, komunikatif atau cakap, senang membantu pelanggan, menjaga hak-hak konsumen dan menunaikan zakat, infaq dan shadaqah. Akan tetapi, terdapat karakter yang belum maksimal diterapkan dalam kegiatannya. Ketiga, dampak dari penerapan karakteristik yang dimiliki oleh setiap UMKM menimbulkan berbagai macam perkembangan mulai dari peningkatan produksi, penjualan, pendapatan dan meluasnya pasar. Kata Kunci: Karakteristik Entrepreneur Syariah, UMKM