Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Rumah Pada Perumahan Grand Aroepala Di Makassar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah biaya promosi dapat meningkatkan penjualan rumah pada Grand Aroepala Makassar dan untuk mengetahui bagaimana aktivitas atau strategi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan perumahan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Analisis Kuantitatif dengan pendekatan data primer dan sekunder dan dibahas secara deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan pengisian kuisioner oleh responden terpilih yang terdiri dari pihak manajemen Perumahan Grand Aroepala. Data sekunder diperoleh dari dokumen bisnis perusahaan (berupa laporan keuangan). Analisis Korelasi digunakan sebagai teknik analisis data untuk mencari hubungan antara variabel biaya promosi dan Peningkatan penjualan. Besar kontribusi hubungan antara biaya promosi dalam meningkatkan volume penjualan yang berarti bahwa besarnya kontribusi antara biaya promosi dalam meningkatkan volume penjualan adalah sebesar 17,87% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti pengembangan produk, harga, selera konsumen dan lain-lainnya. Ini membuktikan bahwa kegiatan promosi telah berpengaruh dengan baik dalam peningkatan volume penjualan, karena jika biaya promosi naik penjualan pun akan naik tetapi jika biaya promosi diturunkan penjualan pun akan menurun