PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS PADA GIANT SUPERMARKET ALAUDDIN)
Abstract
Pokok masalah penelitian ini adalah banyak produk kosmetik yang beredar dipasaran masih belum mencantumkan labelisasi halal dan masih ada konsumen muslim yang melakukan pembelian produk kosmetik dipengaruhi oleh faktor lain bukan karena pengaruh lebel halalnya. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui dampak dari labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk kosmetik di kota Makassar.Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun variabel yang diteliti terdiri labelisasi halal sebagai variabel bebas dan keputusan konsumen membeli produk kosmetik sebagai variabel terikat. Data yang digunakan yaitu data primer dengan membagikan angket dilokasi penelitian pada Giant Supermarket Alauddin Makassar kemudian data diolah dengan menggunakan regresi linier sederhana.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan nilai R sebesar 0,558 menunjukan korelasi kuat, hal ini dikarenakan tingginya respon setuju responden terhadap label halal tersebut. Label halal kini menjadi pertimbangan penting konsumen terhadap pembelian produk kosmetik walau sebenarnya masih ada sebagian kecil responden yang kurang memperhatikan tentang label halal. Ini ditandai dengan nilai determinasi sebesar 31,2% yang berarti bahwa variabel labelisasi halal mampu memengaruhi variabel keputusan konsumen sebesar 31,2% sedangkan 68,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.