Classroom Action Research

Abstract

Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru (pendidik) di kelas atau tempat ia mengajar yang terfokus pada penyempurnaan proses dan praksis pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas berfungsi sebagai alat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang muncul di kelas dan juga sebagai alat untuk in-service training, dimana guru menggunakan keterampilan dan metode-metode yang baru serta mempertajam kemampuan analitisnya. Selanjutnya, sebagai alat untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, sebagai alat untuk memperbaiki komunikasi antara guru dengan peneliti ilmiah, serta sebagai alat yang memberikan alternatif bagi permasalahan yang terjadi di kelas. PTK dilakukan melalui suatu siklus yang terdiri dari empat tahapan, dimulai dengan perencanaan aksi, dilanjutkan dengan aksi pembelajaran dan kegiatan observasi dan di akhiri dengan refleksi untuk menganalisis data yang diperoleh melalui aksi. PTK berbeda dengan penelitian formal atau ilmiah, meliputi pelatihan yang diperlukan oleh guru, tujuan penelitian, metode dalam mengidentifikasi masalah yang akan diteliti, penetapan teori dasar, penetapan sample penelitian, disain penelitian, prosedur pengukuran, analisis data, dan aplikasi hasil penelitian. Artikel ini diharapkan bisa membantu mahasisswa Prodi PGMI dalam melakukan penelitian mengingat mereka diwajibkan melakukan penelitian tindakan kelas untuk penyelesaian skripsi mereka.