TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI SEKTOR PUBLIK (Studi Electronic Government di Indonesia)

Abstract

Abstract; Kehadiran ICT membuat dunia semakin kecil dan komunikasi di berbagai sektor juga semakin mudah. Human communication di berbagai belahan dunia dapat dilakukan setiap saat tanpa dibatasi waktu dan tempat. Dengan ICT dunia tidak lagi mengalami batas-batas primordial seperti geografi, ideologi, maupun negara. ICT telah menembus sekat-sekat individu, organisasi, sosial, maupun ruang dan waktu. E-Government (Electronic Government) atau Pemerintahan Elektronik merupakan salah satu perkembangan besar di bidang administrasi publik dalam sepuluh tahun terakhir. Penerapan E-Government merupakan bentuk aplikasi ICT dalam sektor publik. Dampak ICT tidak saja melanda perusahaan atau organisasi private tapi juga organisasi publik. E-Government merupakan proses pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi (ICT) sebagai instrumen baru dalam memberikan pelayanan publik secara lebih efektif dan efisien. Dalam E-Government ada dua hal yang tidak dapat dipisahkan yaitu: pertama adalah penggunaan teknologi ICT (salah satunya adalah internet) sebagai alat bantu, dan yang kedua adalah tujuan pemanfaatannya agar pemerintahan berjalan lebih efektif dan efisien. E-Government bukan sekedar perangkat "elektronik" di bidang pemerintahan, tapi ini adalah "pemberdayaan" pemerintah, yaitu pemerintah yang memberikan program berbeda dan pelayanan yang lebih baik. Prospek E-Government di Indonesia ditentukan oleh bagaimana pemerintah menjadikan E-Government sebagai solusi untuk meningkatkan pelayanan secara efektif dan efisien secara nyata di dalam masyarakat. Manajemen E-Government perlu ditingkatkan dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan good governance, baik di level pemerintah pusat maupun pemerintah kota dan daerah. Kata Kunci: Teknologi Komunikasi Dan Informasi, Electronic Government, Pelayanan Public  The presence of ICT makes the world is getting smaller and communication in various sectors gets easier. Human communication in various parts of the world can be made at any time without being limited by time and place. With the ICT has no longer such as primordial boundaries of geography, ideology, or country. It has penetrated the boundaries of individual, organizational, social, and space and time. E-Government or Electronic Government is one of the major developments in the field of public administration in the last ten years. The implementation of E-Government is a form of application of ICT in the public sector. The impact of ICT not only hits the company or private organizations, but also public organizations. E-Government is the use of information and communication technology (ICT) as a new instrument in providing public services more effectively and efficiently. There are two things that can not be separated in the Electronic Government, namely: the first is the use of ICT technologies (one of which is the Internet) as a tool, and the last is the purpose of exploiting that government run more effectively and efficiently E-Government is not just the "electronic" in the government, but also this is the "empowerment" of the government where the government provides different programs and services better. The prospect of E-Government in Indonesia is determined by how the government makes the E-Government as a solution to improve services effectively and efficiently in society. Management E-Government needs to be improved in creating bureaucratic reform and good governance, both at the level of central government and local government. Keywords: Informatioon and Communication Technology, Electronic Government, Public Service