HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA GURU DI KOTA BANDA ACEH

Abstract

Guru merupakan seorang pendidik yang memberi kontribusi yang besar dalam dunia pendidikan. Guru yang bekerja secara sukarela dan tidak mengharap imbalan dikatakan sebagai Organizational Citizenship Behavior (OCB). Salah satu faktor yang menimbulkan kepribadian OCB adalah hardiness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Hardiness dengan Organiational Citizenship Behavior pada guru di Kota Banda Aceh. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah multi-stage cluster dan nonproportionate stratified random sampling. Sampel penelitian berjumlah 100 guru pada Sekolah Menengah Atas di kota Banda Aceh. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Hardiness yang disusun oleh peneliti sendiri, yang dikembangkan berdasarkan teori Kobasa (1979) dan Skala Organizational Citizenship Behavior yang disusun sendiri oleh peneliti yang dikembangkan berdasarkan teori Organ (1997). Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0.381 dengan nilai p = 0.000 (p