STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS PADA WARUNG KOPI SOLONG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH
Abstract
Abstract This article aims to examine the business communication strategy at Warung Kopi Solong Kota Banda Aceh so it survives to this day even though many coffee shops in Banda Aceh have good facilities. In this case research using qualitative research method. From the results of this study can be concluded that the owner of Warung Kopi Solong has done various strategies to attract the interest of the visitors so that many customers remain at the Coffee Shop Solong. Business communication strategy at Solong Coffee Shop has been done that is, the owner of Warung Kopi Solong always present, The owner of Solong Coffee Shop involves its customers, Good quality coffee, delicious Acehnese pastries because the owner of Solong Coffee Shop selects first, Not using WIFI, traditional coffee presentation, providing sugar on the table, Providing special cups for mini sanger and mini coffee, guaranteed cleanliness, satisfactory service and traditional but attractive room design. The Solong Coffee Shop calls for preaching to its customers as the call to prayer echoes by closing their shop at every adzan. It is also a business communication strategy used by Solong coffee shops. Keyword: Communication Business and Coffee Shop Artikel ini bertujuan untuk meneliti tentang strategi komunikasi bisnis pada Warung Kopi Solong Kota Banda Aceh sehingga masih bertahan sampai saat ini walaupun banyak warung kopi di Banda Aceh yang mempunyai fasilitas yang bagus. Dalam hal ini penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemilik Warung Kopi Solong telah melakukan berbagai strategi untuk menarik minat para pengunjung sehingga menjadi banyak pelanggan tetap pada Warung Kopi Solong. Strategi komunikasi bisnis pada Warung Kopi Solong telah dilakukan yaitu, pemilik Warung Kopi Solong selalu hadir, Pemilik Warung Kopi Solong melibatkan pelanggannya, kualitas kopi yang nikmat, kue-kue khas Aceh yang enak karena pemilik Warung Kopi Solong menyeleksi terlebih dahulu, tidak mengunakan WIFI, penyajian kopi yang tradisional, menyediakan gula diatas meja, menyediakan cangkir khusus untuk sanger mini dan kopi mini, kebersihan yang terjamin, pelayanan yang memuaskan dan desain ruangan yang tradisional tetapi menarik. Warung Kopi Solong menyerukan dakwah kepada pelanggannya ketika azan berkumandang dengan menutup toko mereka pada setiap adzan. Hal ini juga merupakan strategi komunikasi bisnis yang digunakan oleh warung kopi Solong. Keyword: Komunikasi Bisnis dan Warung Kopi