DAKWAH DI INTERNET: KONSEP IDEAL, KONDISI OBJEKTIF DAN PROSFEKNYA

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi yang dibarengi juga dengan semakin pluralis dan homogennya dalam perkembangan masyarakat muslim modren sangat terbantu dalam mendapat informasi ke-Islam-an melalui media massa, termasuk si’ar dan dakwah agama yang dapat diakses oleh banyak orang dari berbagai tempat di dunia. Fenomena ini yang telah demikian menyatu dengan kehidupan dan perkembangan zaman, sehingga tidak heran dunia saat ini telah menjelma menjadi sebuah “kampung” / global village. Hal ini dimungkinkan dengan hadirnya teknologi komunikasi canggih seperti internet atau yang juga kerap disebut sebagai media Cyber. Dengan metode analisis dari sejumlah literatur dengan membandingkannya dengan kondisi kekinian kajian ini berfokus dan menghasilkan tiga hal: Pertama, sekilas tentang sejarah kemunculan internet sebagai media massa dan konsep ideal. Kedua, kondisi objektifnya sebagai salah satu media yang tengah digandrungi dunia. Ketiga, menyangkut prosfek dan kemungkinan-kemungkinannya menjadi media penyebar luasan ajaran Islam.