Boosting Characters Building Through an Integrated-Skills Task and ICT'S Usage (A Descriptive Qualitative Study)

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  untuk mendeskripsikan kompetensi integrated-skill  task dan  penggunaan  Teknologi Informasi dan  Komunikasi (fIK)  dalam   pembuatan tugas Literature  Appreciation.   Selain  itu,  saya  juga  mencari penerapan  karakter bangsa   yang terdapat  di   dalam  tugas    tersebut.   Penelitian  ini   merupakan   penelitian  deskriptif kualitatif. Subyek  penelitian adalah mahasiswa semester tujuh yang mengikuti kelas Literature Appreciation  saya.  Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi   dan    wawancara.   Metode   analisis    data   mengunakan   kerangka  teori integrated-skill  task,  Teknologi Informasi  dan   Komunikasi  (TIK)  dan   karakter  bangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas  Literature Appreciation  sangat dominan mengaplikasikan kompetensi integrated-skill  task  dan  penggunaan Teknologi   Informasi dan   Komunikasi  (TIK).  Penerapan  karakter  bangsa   juga   dapat  dilihat  dari  beberapa karakter yang muncul saat pembuatan tugas  tersebut.