Boosting Characters Building Through an Integrated-Skills Task and ICT'S Usage (A Descriptive Qualitative Study)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi integrated-skill task dan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (fIK) dalam pembuatan tugas Literature Appreciation. Selain itu, saya juga mencari penerapan karakter bangsa yang terdapat di dalam tugas tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester tujuh yang mengikuti kelas Literature Appreciation saya. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data mengunakan kerangka teori integrated-skill task, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan karakter bangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas Literature Appreciation sangat dominan mengaplikasikan kompetensi integrated-skill task dan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerapan karakter bangsa juga dapat dilihat dari beberapa karakter yang muncul saat pembuatan tugas tersebut.