MODEL EKSPLORASI KARIR SEBAGAI UPAYA PERSIAPAN KARIR SISWA DALAM MENGHADAPI ASEAN GLOBAL
Abstract
Pada era digital, manusia dituntut untuk semakin mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan potensi yang dimilikinya sehingga penting bagi setiap individu memahami kemampuannya dan juga mampu mengembangkan berbagai keterampilan lainnya. Akan tetapi pada saat ini, adanya kecenderungan siswa yang kurang memahami potensi yang dimilikinya baik karena ketidaktahuannnya atau karena tidak dieksplor atau dikembangkannya potensi-potensi yang dimilikinya sehingga memberikan dampak yang negatif bagi dirinya dalam memilih karir. Oleh karena itu pemahaman, penyadaran dan penerimaan terhadap potensi-potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu sangat diperlukan dalam menunjang karir dimasa yang akan datang terlebih dalam menghadapi AFTA atau ASEAN global di tahun 2015. Upaya-upaya yang dilakukan dalam mempersiapkan karir siswa sangat banyak. Adapun salah satu upaya dalam mempersiapkannya yaitu melalui eksplorasi karir. Ekplorasi karir menurut Blustein dalam Wall J. E (1994) adalah aktivitas yang berupaya untuk meningkatkan pemahaman dunia dirinya dan dunia luar. Langkah-langkah yang dilakukan dalam melaksanakan ekplorasi karir ini meliputi tiga langkah yaitu memahami diri dan menilai diri, mengumpulkan informasi tentang karir dan integrasi.