ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KPRS DI BANK MUAMALAT CABANG KUDUS
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah menganalisis bagaimana strategi pemasaran KPR Syariah yang dilakukan oleh Bank Muamalat Cabang Kudus dan kendala yang dihadapi. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Bank Muamalat memberikan informasi di berbagai media massa baik cetak (surat kabar harian dan majalah) maupun elektronik (radio dan televisi). Bank Muamalat juga melakukan penempatan iklan pada media luar ruang (billboard) yang dianggap cukup efektif dalam proses sosialisasi.Kata kunci: strategi, pembiayaan, pemasaran.ANALYSIS OF MARKETINGSTRATEGYOF SHARIA MORTGAGELOANSINMUAMALATBANKKUDUS.The goalofthisstudyisanalyzing marketing strategyofMuamalat BankonitsSharia mortgageloansanditschallenges. This is adescriptive-analiticstudy usingprimary andsecondary data collected through interviews, observation anddocumentation. ResultshowsthatMuamalat Bankmakesuseofmediatospread information about their mortgage product, bothprinted and electronicmedia.Theyalsoplacesoutdoorbillboardasamethod ofadvertisement.Tujuanpenulisan iniadalah menganalisisbagaimana strategi pemasaranKPRSyariah yangdilakukan olehBankMuamalat Cabang Kudusdan kendala yang dihadapi. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif analisisdenganmenggunakan dataprimer dandatasekunderyangdiambilmelaluiwawancara, observasi,dandokumentasi.Hasilanalisismenunjukkan bahwa BankMuamalat memberikaninformasidiberbagaimediamassa baikcetak(suratkabarhariandanmajalah)maupunelektronik (radiodantelevisi).BankMuamalat jugamelakukanpenempatan iklanpadamedialuarruang(billboard) yangdianggapcukup efektifdalamprosessosialisasi.Katakunci:strategi,pembiayaan,pemasaran.