ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA STAIN KUDUS DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan khususnya berdasar dimensi kualitas jasa yaitu terdiri dari variabel-variabel: tangible (nyata), reliability (keterandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa STAIN Kudusbaik secara parsial maupun berganda.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 responden dengan metode probability sampling dengan caracluster random sampling.Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi liniear berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan: Pertama, ada pengaruh yang signifikan antara variabel tangible (nyata), reliability (keterandalan), responsiveness (cepat tanggap) danassurance (jaminan), terhadap kepuasan mahasiswa secara parsial. Kedua: ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama kelima variabel independen tersebut terhadap kepuasan mahasiswa pada STAIN Kudus. Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan, STAINKudus ANALYSIS OF KUDUS ISLAMIC COLLEGE’S STUDENT SATISFACTION IN ISLAMIC PERSPECTIVE AbstractThis article is meant to analyze the influence of service quality variables; tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy toward students satisfaction. Samples of this study are 70 students of Kudus State Islamic College taken by probability sampling method and cluster random sampling method. The data are analyzed using multiple linear regressions. Result of this study shows that variable of tangible, reliability, responsiveness, and assurance partially have significant effect toward student satisfactions. Secondly, together, those five variables have significant effects toward student satisfaction. Keywords: Student Satisfaction, Service Quality, Kudus State Islamic College