ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR MEREK HONDA JENIS SKUTERMATIC

Abstract

ANALYSIS OF   PRICE EFFECT,   PRODUCTS   AND DE-SIGN QUALITIES   TO BUYING DECISIONS of HONDA SKUTERMATIC  MOTORCYCLES. This research is a field of  research and using a quantitative approach. While the sample in this study is that consumers / users of motorcycle of  Honda skutermatic by distributing questionnaires as much as 75 respondents. Sampling used techniques sampling insidenta. The analytical method used is multiple linear regression method and using t - test with a significance level a = 5%. Results from this study show that first: the price has an influence on the purchase decisions of  Honda types of skutermatic vehicles on public from the kudus District, it is proved by  t- test to show the price t is greater than t table (4,140> 1,992) with 75 df  and probability value of  0.000 is below the 5% level of significance. Secondly, the quality has a negative influence on purchasing decisions and it is evidenced by the results of  the t value of  1.157 and t table amounted to 1.992, so the t-count is smaller than t-table (1.157 <1.992) of  df  75 with a P value of  0.251. And third, the design has an influence on the purchase decisions of  Honda types of skutermatic vehicles in Kudus society. This is evidenced from the t test results showing that for the design of t is greater than t table (3.073>1.992), while the value of  the P value of  0.003 which is above 5% Alpha.Keywords: Price, Quality, Design, Purchase Decision.Penelitian ini merupakan jenis penelitian field reserch dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen/pemakai kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic dengan menyebarkan kuesioner sebanyak75 responden.  Pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling insidenta.  Metode  analisis  yang  digunakan  adalah  metode  regresi linier berganda dan menggunakan uji – t dengan taraf  signifikansi a = 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: harga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic pada masyarakat Kabupaten Kudus dibuktikan dari hasil uji- t untuk harga menunjukan t hitung lebih besar dari nilai t tabel (4,140 > 1,992) dengan df 75 dan nilai probabilitas sebesar 0.000 yaitu berada dibawah 5% dari tingkat signifikan. Kedua, kualitas mempunyai pengaruh negatif  terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan hasil nilai t hitung sebesar1,157 dan t tabel sebesar 1,992, sehingga t-hitung lebih kecil dari t-tabel (1,157 < 1,992) dari df  75  dengan nilai P value 0,251. Dan yang ketiga, desain mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic pada masyarakat Kabupaten Kudus. Ini dibuktikan dari hasil uji t yaitu untuk desain menunjukan t   hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,073 > 1,992), sedangkan nilai P value 0,003 yang berada diatas Alpha 5%.Kata Kunci : Harga, Kualitas, Desain, Keputusan Pembelian