MENGATASI KESULITAN BELAJAR MELALUI KLINIK PEMBELAJARAN (STUDI ANALISIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA)
Abstract
Dalam kegiatan belajar di sekolah, guru berhadapan dengan jumlah ciri-ciri untuk beragam siswa. Ada siswa yang dapat mengambil kegiatan belajar mereka mulus dan berhasil tanpa kesulitan, tetapi pada sisi lain tidak beberapa siswa yang benar-benar mengalami kesulitan dalam belajar. Kesulitan belajar siswa yang ditunjukkan oleh kehadiran hambatan tertentu untuk mencapai hasil pembelajaran, dan dapat psikologis, sosiologis, dan psikologis, yang pada gilirannya dapat menyebabkan mencapai prestasi belajar di bawah yang baik. Kesulitan belajar siswa meliputi luas, termasuk: (a) gangguan belajar, (b) learning disfungsi ereksi; (c) underachiever (d) peserta lambat, dan (e) dalam belajar. Dalam keadaan tertentu, karya ini mengangkat tema kesulitan belajar fisika. Pemilihan tema ini mempertimbangkan subjek fisika yang masih dianggap sebagai sebuah cemeti sebagian besar siswa. Gambar ”sulit” untuk belajar fisika yang telah dipasang pada persepsi awal siswa. Berdasarkan latar belakang pernyataan di atas, karya ini bertujuan untuk mendiskusikan masalah yang berhubungan dengan diagnosis kesulitan belajar. Masalah- masalah ini termasuk: masalah-masalah kesulitan belajar Fisika, alternatif untuk mengatasi masalah fisika belajar melalui klinik mengajar. Justru itu, lingkup diskusi fokus pada kesulitan dalam pembelajaran, pengajaran tersebut, model pembelajaran yang dapat diterapkan dan cara mengatasi masalah kesulitan dalam fisika belajar melalui klinik mengajar.Kata Kunci: Klinik Pembelajaran, Fisika.\In learning activities in schools, teachers are faced with number of characteristics to diverse students. There are students who can take their learning activities smoothly and successfully without difficulty, but on the other hand not a few students who actually experience difficulties in learning. Student learning difficulties indicated by the presence of certain barriers to achieve learning outcomes, and can be psychological, sociological, and physiological, which in turn can lead to learning achievement reached under proper. Student learning difficulties covers a broad sense, including : (a) learning disorder, (b) learning disfunction; (c) underachiever (d) slow learner, and (e) learning disabilities. In particular, this paper raised the theme of learning difficulties physics. The selection of this theme considering the subjects of physics that’s still regarded as a scourge of most students. Image ”difficult” to learn physics is attached to the initial perception of students. Based on the background of the above statement, this paper aims to discuss issues related to the diagnosis of learning difficulties. These problems include: the problems of learning difficulties physics, an alternative to overcome the problem of learning physics through teaching clinic. Thus the scope of the discussion focused on difficulties in learning , tutoring , learning models that can be applied and how to overcome the problem of difficulties in learning physics through teaching clinic.Keyword: Learning , Fhyisics