KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 OMBEN SAMPANG DAN SMPN 2 PAMEKASAN
Abstract
Artikel ini mendeskripsikan kebijakan sekolah pengembangan mutu PAI, khususnya di SMPN 1 Omben Sampang dan SMPN 2 Pamekasan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi studi kasus, diketahui bahwa pertama; Proses perumusan kebijakan sekolah dalam pengembangan mutu PAI di SMPN 1 Omben Sampang menggunakan pedekatan school based sedangkan di SMPN 2 Pamekasan menggunakan pendekatan home based, Kedua; implementasi kebijakan sekolah dalam pengembangan mutu PAI baik di SMPN 1 Omben Sampang dan SMPN 2 Pamekasan sama-sama berjalan efektif, bedanya di SMPN 1 Omben dilaksanakan di luar jam efektif sedangkan di SMPN 2 Pamekasan dilaksanakan di luar dan di dalam jam efektif, ketiga; evaluasi kebijakan sekolah dalam pengembangan mutu PAI di dua sekolah tersebut sama-sama dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan untuk menjamin mutu PAI.