PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk merumuskan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa, Secara khusus tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum dan aspek rasa percaya diri dan menyusun rancangan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan rasa percaya diri pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Deskriptif adalah metode penelitian dengan cara mengemukakan fakta-fakta yang ditemukan dari lapangan secara apa adanya pada saat penelitian berlangsung. Hasil penyebaran skala psikologis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pontianak pada gambaran umum rasa percaya diri siswatergolong “tinggi”. Disarankan kepada guru pembimbing didalam Penyusunan program hendaknya melakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu supaya menghasilkan program yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan Penyusunan program layanan bimbingan hendaknya dirumuskan secara khusus dan sesuai dengan kurikulum yang ada di sekolah.