PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) ALHUSNA PASADENA SEMARANG
Abstract
Salah satu lembaga informal di bidang pendidikan agama yang marak di masyarakat adalah Taman Pendidikan al-Quran. Meskipun sudah banyak TPQ yang sukses dengan jumlah murid yang banyak dan administrasi yang bagus, namun juga masih banyak TPQ yang mengalami kembang-kempis apalagi di tengah perkotaan dan masyarakat ekonomi menengah ke atas, salah satunya adalah TPQ al-Husna di Pasadena Semarang. TPQ ini berada di perumahan menengah ke atas, namun karena kesadaran para orang tua untuk mendidik anak pandai mengaji sangatlah kurang. Pendampingan yang dilakukan di TPQ al-Husna adalah dengan bersama-sama mengadakan analisa situasi dengan menggunakan analisis SWOT, kemudian melakukan pendampingan untuk penataan administrasi TPQ sekaligus melakukan pendekatan terhadap para orang tua anak-anak di wilayah Pasadena.