PENGUATAN KAPASITAS TAHSIN MELALUI METODE NURRANIYAH UNTUK BAGI GURU-GURU PAUD DAN TK DI KOTA SEMARANG
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pendampingan dalam pelatihan metode tasin nuroniyahini bertujuan untuk memberikan pendampingan, pengetahuan dan keterampilan dalam Metode Tahsin Untuk Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru Paud Dan TK Di Kota Semarang. kegiatan ini akan menjadi rangsangan inovatif agar para guru PAUD dapat saling berinteraksi dan brainstorming dalam menyikapi kebutuhan pengenalan yang kian kompleks, khususnya terkait metode tahsin. Khalayak sasaran dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru PAUD dan TK BIAS di Kota Semarang yang berjumlah 15 orang. Pendampingan dalam pengembangan metode tahsin dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan latihan yang disertai tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan konsep metode tahsin. Metode demonstrasidipakai untuk menunjukkan suatu proses kerja yaitu tahap-tahap pengembangan pembelajaran tahsin metode nouroniyah, sedangkan metode latihan untuk mempraktikkan pembelajaran metode tahsin. Sementara metode tanya jawab untukmemberi kesempatan para peserta berkonsultasi dalam mengatasi kendala dalam pembelajaran metode tahsin Nuroniyah.Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam pengembangan pembelajaran metode tahsin bagi guru PAUD dan TK di Kota semarang, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan dan dana pendukung dari LP2M UIN Walisongo merupakan pendukung terlaksananya kegiatan PPM ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu untuk pelatihan.Manfaat yang dapat diperoleh peserta dari kegiatan PPM ini antara lain dapat mengenal metode tahsin Nuroniyah.