GENDER DIFFERENCES ON LEARNING STYLES AND LEARNING STRATEGIES OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF STAIN KEDIRI

Abstract

Artikel ini mencoba untuk menemukan perbedaan gender dalam gaya belajar bahasa dan strategi belajar pada mahasiswa kelas listening di jurusan bahasa Inggris STAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan the perceptual learning-style preference questionnaire (PLSPQ) untuk menginvestigasi kecenderungan gaya belajar dan the Strategy Inventory for Language Learning (SILL) versi 7.0 yang didesain oleh Oxford untuk mengetahui kecenderungan strategi belajar mahasiswa bahasa Inggris. Kedua angket tersebut diberikan kepada 126 mahasiswa. Hail penelitian mengindikasikan bahwa ada perbedaan antara mahasiswa perempuan dan laki-laki. Mahasiswa perempuan cenderung gaya belajar auditory dan kelompok, sementara mahasiswa laki-laki cenderung gaya belajar visual dan kinesthetic. Untuk strategi belajar, mahasiswa perempuan menunjukan bahwa mereka mengambil strategi belajar afektif dan sosial dengan skor rata-rata 36 dan 35, sementara mahasiswa laki-laki menunjukkan kognitif dan kompensasi dengan skor rata-rata 36 dan 38,5. Artinya bahwa gaya belajar minor dan utama diambil. Gaya belajar utama diartikan bahwa mahasiswa merasa nyaman dan menggunakannya untuk kepentingan mahasiswa. Gaya belajar minor artinya bahwa mahasiswa menggunakan model ini tetapi biasanya sebagai pilihan kedua atau ketika berhubungan dangan gaya belajar lainKata kunci; Gender, gaya belajar, strategi belajar bahasa