PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN AUDIO VISUAL ( VCD ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IBADAH KELAS VII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Berbantuan Audio Visual (VCD) Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada materi Ibadah Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012“. Penelitian ini didasarkan atas pertimbangan bahwa prestasi peserta didik belum optimal. Hal ini nampak pada perolehan nilai rata-rata peserta didik di kelas ini relatif masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2012. Penelitian ini merupkan sebuah ikhtiar untuk menemukan teknik pembelajaran yang didukung oleh media pembelajaran sehingga peserta didik dapat terlibat secara aktif dan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Melalui Audio Visual (VCD) khusunya pada materi Ibadah diharapkan peserta didik dapat memperoleh pengetahuan yang berkesan dan bermakna, sehingga peserta didik akan lebih termotivasi untuk selalu aktif dan partisipasif dalam mengikuti Kegiatan belajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Audio Visual (VCD), Hasil Belajar