PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU KELAS ATAS MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN III UPT DINDIKPORA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilatar belakangi fakta dilapangan bahwa di Sekolah Dasar Daerah Binaan III UPT Dindikpora Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara masih terdapat guru yang kurang berkualitas secara kedisiplinan, pembuatan perangkat pembelajaran dan metode yang kurang up to date, sehingga perlu ditingkatkan untuk kualitas guru dalam pembelajarannya. Hal demikian sangat perlu solusi yang efektif melalui kajian supervisi akademik. Supervisi akademik memberikan kontribusi menyeluruh tentang kegiatan pembelajaran. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan dengan melakukan kegiatan pra siklus untuk mengetahui kondisi awal penelitian, siklus 1 dan siklus 2 untuk mengetahui adanya peningkatan kualitas guru dalam pembelajaran.pengumpulan data melalui lembar observasi dan evaluasi kemudian dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Indicator keberhasilan jika semua komponen indikator minimal 85% terpenuhi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan tindakan supervisi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di pada Sekolah Dasar Daerah Binaan III UPT Dindikpora Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan hasil semua komponen baik kedisiplinan, perangkat pembelajaran dan metode up to date lebih dari 85% telah terlaksana. Supervisi akademik dilaksanakan dengan mengadakan bimbingan pada proses persiapan dan pengadaan perangkat pembelajaran dan mengadakan diskusi untuk kemudian memberikan masukan kepada guru untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya. Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran dan Supervisi akademik