UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SURAT AL-INSYIRAH MELALUI METODE YANBU’A BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 WONOSOBO

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Surat Al-Insyirah Melalui Metode Yanbu’a bagi Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Wonosobo “. Secara umum tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dan secara khusus untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi membaca Al-Qur’an Surat Al-Insyirah bagi peserta didik kelas IX- SMP Negeri 2 Wonosobo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua ) siklus, setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan tindakan dalam pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi, penilaian dengan tes lisan dan tertulis, serta refleksi. Dengan melihat data hasil penilaian persiklus yakni pada siklus I persentase peserta didik yang mencapai nilai KKM 75 baru 60.70 %, dari kriteria persentase yang ditetapkan minimal 80 %,kemudian pada siklus II naik menjadi 91 % . Selain itu juga data respon peserta didik secara umum menyatakan senang terhadap metode yanbu’a pada kompetensi membaca Al-Qur’an, maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Yanbu’a, dapat mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an Surat Al-Insyirah dan dapat meningkatkan hasil belajar PAI bagi peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Wonosobo pada semester II Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Kata-kunci : Membaca Al-Qur’an, Metode Yanbu’a