BUILDING LEARNING COMMITMENT (BLC) DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH
Abstract
Belajar adalah proses aktifitas yang dilakukan secara sadar untuk menggali, memahami dan mengembangkan kemampuan agar terjadi perobahan dan peningkatan kognitif, afektif, dan psikomotorik; sehingga dapat menjalani proses kehidupan yang baik / benar, dengan baik / benar dan secara baik / benar. Secara psikologis, belajar suatu proses perubahan persepsi, sikap dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam proses pembelajaran tersebut selalu melibatkan berbagai elemen yang saling mengkait antara lain adalah : Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activating knowledge), perolehan pengetahuan baru (acquiring knowledge), dan pengembangan pengetahuan secara berkelanjutan (sutainabelity knowledge development) dengan tahapan yang berorientasi holistisitas, komprehensifitas, integralitas, dan interkoneksitas; kemudian beorientasi pengembangan dan pendalaman profesionalisasi, detail-spesifikasinya. Secara kognitif belajar juga sebagai proses pemahaman pengetahuan (knowledge understanding process), yang dapat dilakukan dengan cara menyusun (1) konsep sementara (hipotesis), (2) melakukan sharing kepada orang lain agar mendapat tanggapan (validasi) dan atas dasar tanggapan itu, dan (3) konsep tersebut direvisi dan dikembangkan. Kemudian mempraktekan pengetahuan dan pengalaman tersebut (appliying knowledge experience). Dilanjutkan dengan melakukan refleksi pengetahuan (reflecting knowledge) melalui berbagai strategi dan proyeksi pengembangannya.