URGENSI PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS)

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam sekolah-sekolah yang berada dalam binaan pengawas sekolah. Kegiatan penelitian ini tidak saja bertujuan untuk memecahkan masalah, tetapi sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Pentingnya Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) melalui tindakan (action) yang nyata yang mendasari penelitian ini. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh Pengawas Satuan Pendidikan adalah mampu melakukan Penelitian Tindakan Sekolah. Rumusan masalah yang dikaji memberikan informasi pada urgensi dalam melakukan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) bagi peningkatan pendidikan. Hal apa saja yang menjadikan faktor penting dalam menyusun PTS. Analisis dilakukan dengan analisis kualitatif pada berpikir deduktif dengan metode library research menelaah sumber-sumber yang terkait dengan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian dikatakan layak apabila (a) bermanfaat, yaitu memberikan sumbangan kepada khasanah teori ilmu pengetahuan atau kepada pemecahan masalah-masalah praktis, (b) memiliki landasan keilmuan, yaitu memungkinkan diajukan hipotesis dan dilakukan pengumpulan data untuk menguji hipotesis, dan (c) terjangkau oleh peneliti, baik dari segi kemampuan, waktu, biaya, dan sebagainya. Rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus adalah: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Adapun manfaat menyusun PTS mampu menciptakan perbaikan iklim sekolah yang kondusif secara berkesinambungan; Memecahkan masalah pendidikan atau manajemen sekolah; Membiasakan melakukan penelitian dan bekerja secara ilmiah, logis, dan sistematis berdasarkan hasil-hasil penelitian.; Menambahkan sikap ilmiah, jujur, dan sikap demokratis dikalangan warga sekolah; dan Mengembangkan rencana pengembangan sekolah secara berkala dan berkesinambungan. Kata Kunci: Urgensi PTS, Kualitas Pendidikan