KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI

Abstract

Tugas seorang guru tidak hanya mengajar, melainkan juga mendidik. Guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran agar peserta didiknya dapat menguasai materi pelajaran kemudian memperoleh nilai yang baik. Mestinya nilai sempurna dari penguasaan materi pelajaran bukanlah satu-satunya tujuan, masih ada hal yang lebih penting yaitu proses pendewasaan untuk membantu peserta didik menemukan sebuah makna dari suatu materi pelajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, memiliki kepribadian yang baik, santun dan berbudi, hal inilah yang merupakan sesuatu inti dari tugas guru dalam mendidik. Dan untuk mewujudkan hasil pendidikan yang diharapkan, guru harus memahami, memiliki dan sekaligus dapat menerapkan kompetensi guru. Kompetensi dalam KKBI diartikan sebagai wewenang atau kekuasaan untuk menentukan atau memutuskan suatu hal. Dan secara terminologis, Menurut Broke dan Stone, Kompetensi adalah gambaran hakikat kualitatif dari perilaku guru yang tampak sangat berarti. Sementara Finch dan Crunkilton (1979: 222), mengatakan Kompetensi merupakan penguasaan terhadap suatu tugas, keterampilan sikap dan apresiasi yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan.