PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI MEDIA DI SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA
Abstract
Dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam inilah, dipandang perlu diterapkan model pembelajaran berbasis multimedia. Melalui pembelajaran berbasis multimedia, peserta didik ditempatkan dan diperlakukan sebagai subyek sehingga peserta didik akan lebih termotivasi dan menemukan kebermaknaan dalam belajar. Kebermaknaan belajar akan diperoleh karena peserta didik akan mencari, menemukan kembali, dan menganalisis sendiri berbagai hal yang berkaitan dengan meteri pembelajaran, terutama materi yang abstrak seperti keimanan dan menyikapi permasalahan keagamaan yang sedang berkembang di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan format skenario pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multimedia, dengan harapan dan secara khusus penelitian bertujuan untuk: Meningkatkan motivasi peserta didik di SMP Negeri 1 Baanjarnegra pada mata pelajaran Pendidikan Agma Islam; Meningkatkan kebermaknaan belajar sehingga peserta didik dapat memerankan dirinya sebagai insan kamil yang cerdas, terampil, dan bertanggungjawab; dan meningkatkan hasil belajar peserta didik, yakni dicapainya kompetensi dasar yang diukur dengan memakai instrumen penilaian yang tepat. Kata-kunci : Peningkatan Kualitas, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, MultiMedia