PENINGKATAN EFEKTIVITAS GURU KELAS V DALAM MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN CEKLIS DI SEKOLAH DASAR DABIN III DI UPT DINDIKPORA KECAMATAN PAGEDONGAN KABUPATEN BANJARNEGARA
Abstract
Faktor penting dalam keberhasilan belajar adalah manajemen waktu yang tepat dan efektif, sehingga dalam pengelolaan waktu dalam tahapan pembelajaran harus dikemas oleh guru dengan baik. Kehilangan waktu belajar mengajar sehingga pemborosan waktu kerja dapat dicegah/dikurangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Banjarnegara. Fokus penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan efektivitas guru dalam pengelolaan waktu pembelajaran di Sekolah Dasar Daerah Binaan III Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan ceklis siswa pada tahap kegiatan Pendahuluan, Inti dan penutup/akhir pembelajaran. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) penggunaan waktu pada kegiatan pendahuluan pada mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, (2) penggunaan waktu pada kegiatan inti dalam pembelajaran bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, (3) penggunaan waktu pada kegiatan penutup dalam pembelajaran bahasa Indonesia, matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Hasil yang diperoleh siswa pada kegiatan penelitian tindakan sekolah ini mengalami peningkatan yang dapat diuraikan sebagai berikut: Pada siklus I mata pelajaran bahasa Indonesia rata-rata nilai UH 74 pada siklus II mendapat nilai 82. Matematika pada siklus I rata-rata nilai UH 72 pada siklus II rata-rata nilai 80. Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus I, rata-rata nilai UH 73 pada siklus II 81. Dengan demikian mengalami peningkatan: bahasa Indonesia 8%, matematika 9% dan Ilmu Pengetahuan Alam 8%. Adapun nilai UTS jika dibandingkan dengan UTS tahun yang lalu pada siswa yang sama pada saat berada di kelas V juga mengalami peningkatan. Rata-rata nilai UTS sebelum dilaksankan penelitian tindakan sekolah sebagai berikut. Rata-rata nilai UTS bahasa Indonesia 72. rata-rata nilai UTS matematika 71, dan rata-rata nilai UTS Ilmu Pengetahuan Alam 71. Nilai rata-rata UTS setelah dilaksanakan penelitian tindakan sekolah sebagai berikut. Nilai rata-rata bahasa 77 matematika 76, Ilmu Pengetahuan Alam 79. Dengan hasil penelitian tersebut mengalami peningkatan sebagai berikut. Bahasa Indonesia meningkat 5%, matematika meningkat 5%, dan Ilmu Pengetahuan Alam meningkat 8%. Kata kunci : Manajemen Waktu Belajar dan Penggunaan Ceklis