PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ALTERNATIF BERBASIS MASYARAKAT (Studi Kasus di SMP Qaryah Thayyibah Salatiga)
Abstract
Pendidikan alternatif menggambarkan sejumlah pendekatan pengajaran dan pembelajaran daripada sekolah tradisional. Pendekatan-pendekatan ini dapat diterapkan pada seluruh siswa pada segala umur, dari masa anak-anak sampai remaja, pada seluruh jenjang pendidikan. Dalam definisi tersebut istilah pendidikan alternatif juga dikenal dengan pendidikan non-tradisional yang mengacu pada pendidikan di luar pendidikan tradisional untuk seluruh kelompok dan tingkat pendidikan, termasuk desain pendidikan berkebutuhan khusus, filosofi dan metode alternatif. Visi pendidikan alternatif di Indonesia adalah “menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif yang dapat menghasilkan pendidikan menyenangkan dan bermutu sehingga anak mampu membangun pribadi dan sosial budaya untuk mempersiapkan diri dalam mengadapi hidup pada masanya.” Adapun Misi pendidikan diarahkan pada upaya: Menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif, Mewujudkan pendidikan yang membangun pribadi berkemampuan hidup mandiri dalam kebersamaan dengan masyarakat,Mewujudkan pendidikan yang mampu membangun manusia berperadaban dan berbudaya, Menciptakan pendidikan yang mampu mengendalikan emosional, Menciptakan pendidikan yang menumbuhkan skill kognitif, afektif dan psikomotorik, Menciptakan pendidikan yang mengembangkan kreativitas, Menciptakan pendidikan yang mengembangkan multiple intelegensi,Mewujudkan pendidikan yang bermakna, dan Mewujudkan sistem pendidikan yang integratif. Kata Kunci : Pendidikan Alternatif, Masyarakat