UPAYA MENINGKATKAN KEBIASAAN SHOLAT MELALUI PEMBERIAN TUGAS PORTOFOLIO PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP 3 WONOKERTO
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR), dengan judul, Upaya Meningkatkan Kebiasaan Sholat Melalui Pemberian Tugas Portofolio Pada Peserta Didik Kelas IX SMP 3 Wonokerto. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas IX SMP 3 Wonokerto, yang masih rendah. Rendahnya minat peserta didik terhadap pendidikan agama ini boleh jadi disebabkan oleh penerapan metode atau strategi dalam proses pembelajaran yang kurang menarik, disamping sebab-sebab lain. Kurang kreatifnya guru agama dalam menggali metode yang biasa dipakai untuk pendidikan agama menyebabkan pelaksanaan pembelajaran cenderung monoton. Metode mengajar yang perlu dipertimbangkan untuk dipilih dan digunakan dalam pendekatan pembiasaan ini menurutnya antara lain: Metode Latihan (Drill), Metode Pemberian Tugas, Metode Demonstrasi dan Metode Eksperimen. Dan dalam penelitian ini, peneliti mengambil metode pemberian tugas yang berbentuk tugas portofolio untuk meningkatkan kebiasaan sholat peserta didik kelas IX SMP 3 Wonokerto Kata-kunci : Kebiasaan Sholat, Portofolio