IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR HUKUM BACAAN NUN MATI/TANWIN DAN MIM MATI DI SMP NEGERI 1 BONANG

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran TPS dengan multimedia interaktif sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati di kelas VII A SMP Negeri 1 Bonang Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik Kelas VII-A SMP Negeri 1 Bonang Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim Mati. Dari hasil penelitian dengan subyek penelitian peserta didik kelas VII A sejumlah 32 peserta didik di SMP Negeri 1 Bonang Kabupaten Demak, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran TPS dengan multimedia interaktif dapat lebih efektif untuk meningkatkan motivasil belajar Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim Mati Di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Bonang Tahun Pelajaran 2011/2012 , Juga dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata nilai hasil evaluasi 73,46 Ketuntasan Klasikal sebesar 72,86 % dengan KKM 71 dan pada siklus II rata-rata nilai hasil evaluasi meningkat menjadi 81,17 Ketuntasan Klasikal sebesar 94,29 % dengan KKM 71. Kata-kunci : Model Pembelajaran TPS, Multimedia Interaktif, Motivasi dan Hasil Belajar