PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN HASIL BELAJAR MATERI SHALAT JUM’AT MELALUI METODE FIELD TRIP DAN JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP 3 KESESI PEKALONGAN

Abstract

Upaya untuk terus meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting. Hasil belajar pendidikan agama yang optimal akan menjadi modal utama agar sampai kepada pengamalan dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain penyajian pembelajaran pendidikan agama dinilai cenderung bersifat indoktrinatif dan tidak bermakna. Guru PAI jarang memanfaatkan media dan sumber belajar yang bervariasi. Pendekatan yang monoton tersebut menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan dikhawatirkan tidak tertarik lagi dengan mata pelajaran ini. Penelitian Tindakan Kelas ini berusaha menemukan modifikasi dan inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi shalat jum’at melalui metode field trip dan jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2012 dengan subyek penelitian kelas VII B SMP 3 Kesesi yang berjumlah 32 peserta didik pada semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari identifikasi masalah, perencanaan, pemberian tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar setelah peserta didik mengikuti proses pembelajaran materi shalat jum’at melalui metode field trip dan jigsaw. Kata-kunci : Peran Aktif, Hasil Belajar, Shalat Jum’at, Metode Field Trip dan Jigsaw