MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU KELAS VI MELALUI SUPERVISI KLINIS PADA SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN I DI UPT DINDIKPORA KECAMATAN PAGEDONGAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian tentang Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru kelas VI dengan Mengefektifkan Supervisi Klinis di Sekolah Dasar Daerah Binaan I Dindikpora Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas pembelajaran guru dengan mengefektifkan supervisi klinis di Sekolah Dasar Daerah Binaan I Dindikpora Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi klinis dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran guru di Sekolah Dasar Daerah Binaan I Dindikpora Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 7 orang guru Sekolah Dasar Daerah Binaan I Dindikpora Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument supervise klinis, lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) supervisi klinis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guru di Sekolah Dasar Daerah Binaan I Dindikpora Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015., sesuai hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran rata-rata 68 pada siklus I dan 82 pada siklus II, dan hasil penilaan pelaksanaan pembelajaran nilai rata-rata 66 pada siklus I dan 81 pada siklus II (2) hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi klinis adalah tidak semua guru siap untuk disupervisi klinis. Kata Kunci: Supervisi klinis, Kualitas Mengajar