MENAPAK JEJAK PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H MUNTAHA AL HAFIDZ

Abstract

Abstrak KH. Muntaha Al Hafidz adalah penerus amanah dari kepemimpinan Pondok Pesantren Al Asy’ariyyah. Dalam kepemimpinannya di Al Asy’ariyyah mulai tahun 1950 sampai tahun 2004, beliau banyak mencetuskan ide-ide dan gagasan yang lebih memandang pada pengembangan pondok pesantren dan masyarakat sekitarnya. Berbagai langkah inovatif beliau lakukan yang diimplementasikan dalam berbagai bidang. Sebagian besar gagasan beliau banyak dipaparkan dalam bidang pendidikan Islam. Kontribusi KH. Muntaha Al Hafidz dalam kemajuan pendidikan di pesantren dan pendidikan formal sangat luar biasa. Disamping mengelola pesantren yang menekankan nilai-nilai salafiyah, beliau juga mengimbanginya dengan mendirikan lembaga-lembaga formal. Berbagai inovasi untuk mengembangkan pendidikan islam dilakukan dengan menerapkan sistem yang bisa mengakumulasi berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara luas. Pendidikan yang direalisasikan di pesantren dan sekolah pendidikan islam, bukan hanya sebagai lembaga yang dikenal sebagai agen menyemai ilmu-ilmu agama saja, tetapi dapat lebih apresiatif sekaligus selektif dalam merespon dinamika kehidupan yang berdampak pada kehidupan manusia. Kata Kunci: Jejak Pemikiran, Pendidikan, K.H Muntaha Al Hafidz