IMPLEMENTASI METODE TUTORIAL SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BACA TULIS AL QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP 1 WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN

Abstract

Untuk memberantas buta huruf Al-Qur’an maka sangat diperlukan pembinaan kemampuan baca tulis Al-Qur’an, agar peserta didik yang mempunyai kemampuan dasar Al-Qur’an dapat ditingkatkan. Penelitian tindakan kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode tutorial sebaya. Penelitian ini akan mencoba mengimplementasikan metode tutorial sebaya sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan peserta didik dalam BTQ, sehingga prestasi BTQ peserta didik bisa meningkat. Adapun tujuan dari Penelitian tinadakan kelas ini, setidaknya ada dua hal, yakni: untuk mendeskripsikan penerapan metode tutorial sebaya dalam pembelajaran BTQ, dan untuk mengetahui peningkatan prestasi BTQ melalui penerapan metode tutorial sebaya di SMP 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Kata-kunci : Implementasi, Metode Tutorial Sebaya, Prestasi, Baca Tulis Al Qur’an