MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENYELENGGARAAN SCHOOL BASED INSET PADA SD DABIN 1 UPT DINDIKPORA KECAMATAN BATUR SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Abstract

Latar belakang masalah, masih rendahnya kualitas kompetensi guru, sehingga perlu ditingkatkan melalui model yang efektif dan efisien salah satunya menggunakan school based inset. Guru dapat mengeksplorasi kemampuan dirinya dalam memberikan materi di depan kelas, guru mempunyai visi yang lebih mengedepankan wawasan intelektual yang mengkaitkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Subyek penelitian adalah responden 16 guru di lingkungan Sekolah Dasar Dabin I UPT Dindikpora Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan 2 tahapan siklus. Hasil penelitian pada tahap 1 terdapat temuan sebesar 56% guru dengan kategori kurang baik dalam menmpersiapkan bahan pembelajaran, model RPP yang dibuat, Aktivitas dalam belajar dan menyampaikan presentasi kurang maksimal. sehingga perlu ditingkatan melalui school based inset pada tahap ke-II yang menunjukan hasil signifikan sebesar 77% dengan implikasi dalam pembelajaran sebesar 80. School Based Inset menjadi instrumen yang sangat penting guna memajukan sistem pengajaran di kelas melalui wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih modern. Kata kunci: profesionalisme guru dan school based inset