IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS V PADA SEKOLAH BINAAN

Abstract

Metode pembelajaran yang mampu melibatkan peran serta siswa secara menyeluruh sehingga kegiatan belajar mengajar tidak hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. Selain itu, melalui pemilihan metode pembelajaran tersebut diharapkan sumber informasi yang diterima siswa tidak hanya dari guru melainkan juga dapat meningkatkan peran serta dan keaktifan siswa dalam mempelajari dan menelaah ilmu yang ada terutama mata pelajaran Matematika. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peran serta siswa adalah metode pembelajaran kooperatif. Subyek penelitian adalah responden 6 sekolah pada guru-guru kelas V Dabin III di UPT Dindikpora Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan pada semester II. Metode yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan 2 tahapan siklus. Hasil penelitian pada tahap Pembelajaran kooperatif model Group Investigation memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru dalam mengajar matematika di Sekolah Dasar Dabin III UPT Dindikpora Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65%), siklus II (87%). Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Dabin III UPT Dindikpora Kecamatan Wanadadi Kabupaten Banjarnegara yang ditunjukan dengan hasil wawancar dengan beberapa siswa, rata-rata jawaban menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation dan Kinerja Guru