PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, KONSEP DIRI, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI DI KOTA MERAUKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis besarnya pengaruh langsung dan tidak lansung antar variabel yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri di Kota Merauke. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1041 siswa dengan jumlah sampel 281 siswa yang tersebar secara proporsional berstrata di 6 (enam) SMP Negeri di Kota Merauke. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statitistik inferensial dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan: (1) diperoleh model jalur yang parsimoni dan dapat menjelaskan fenomena antarvariabel dengan matriks korelasi populasi yang tidak berbeda dengan matriks korelasi data sampel, (2) pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap konsep diri siswa sebesar 0,5 atau 25%, (3) pola asuh orang tua dan konsep diri secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,2149 atau 21,49%, dan (4) pola asuh orang tua, konsep diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 0,1197 atau sebesar 11,97%.