PELAKSANAAN MBS DENGAN ANALISIS MANAJEMEN BERDASARKAN ALQUR’AN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang kondisi pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah yang ada di Sekolah-Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kec. Babakan Kab. Cirebon. Penelitian ini terkategori sebagai Penelitian Evaluatif pelaksanaan MBS di sekolah dengan menggunakan Metode Deskriptif, dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi.  Juga dilengkapi dengan analisis manajemen berdasarkan al Qur’an, dengan metode tafsir dan analogi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa pelaksanaan MBS di Sekolah-Sekolah Dasar Negeri di wilayah Kec. Babakan Kab. Cirebon masih dipandang bermasalah, karena hampir sebagian dari SD Negeri di sana belum dapat melaksanakan MBS dengan baik. Dari data hasil observasi menyimpulkan bahwa, 41,93% sekolah ada di bawah standar nilai rata-rata Profil, 54,83% sekolah ada di bawah standar nilai rata-rata Standar Kelembagaan,  67,74% sekolah ada di bawah standar nilai rata-rata Problem dan 51,61% sekolah ada di bawah standar nilai rata-rata Aplikasi MBS. Sedangkan secara nilai komulatif gabungan anatara profil, standar kelembagaan, problem dan aplikasi, menunjukan sekitar 45,16% sekolah ada di bawah standar nilai rata-rata jumlah skor gabungan. Sedangkan berdasarkan analisis manajemen menurut al Qur’an, Sekolah-Sekolah Dasar di kec.Babakan mengalami keterbatasan dalam hal Sumber daya manusia, Sistem Pendidikan dan kelembagaan sekolah.