PENGEMBANGAN PERAN DOSEN PENASIHAT AKADEMIK DALAM MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR DAN AKHLAQUL KARIMAH MAHASISWA (Studi Kasus di STAIN Pamekasan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji peran dosen penasihat akademik terhadap prestasi belajar dan akhlaqul karimah mahasiswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif, dimana variabel independennya berupa dosen penasihat akademik dan variabel dependen (Variabel Output, kriteria, konsekuen, terikat) adalah Prestasi belajar dan akhlaqul karimah mahasiswa. Hasil Penelitian ini menunjukkan pertama, berdasarkan pengujian dengan menggunakan Program SPSS menghasilkan r hitung sebesar 0.585** dengan N = 48 dan signifikansinya ,000. Dan di dapat r tabelnya sebesar 0,284 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,05. Dan ternyata r hitung lebih besar dari r tabel maka akan menolak Ho atau signifikan, artinya ada hubungan yang signifikan antara peran dosen penasihat akademik (Variabel X) dengan variabel kontribusi dosen penasihat akademik dalam mendukung prestasi belajar mahasiswa (Y1) dan untuk pengujian hipotesis yang kedua, menghasilkan rhitung sebesar 0.536** dengan N = 48 dan signifikansinya ,000. Dan di dapat r tabelnya sebesar 0,284 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,05. Dan ternyata r hitung lebih besar dari r tabel maka akan menolak Ho atau signifikan, artinya ada hubungan yang signifikan antara peran dosen penasihat akademik (Variabel X) dengan variabel kontribusi dosen penasihat akademik dalam mendukung akhlaqul karimah mahasiswa (Y2)