EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI MIND MAPPING MATA KULIAH WRITING

Abstract

Sebagian besar mahasiswa menganggap bahwa writing merupakan keahlian yang paling sulit dalam pembelajaran bahasa Inggris. Mereka mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan ide untuk dikembangkan dalam paragraf. Oleh karena itu perlu penggunaan strategi yang tepat yang bisa membantu mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi menulisnya. Strategi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah mahasiswa tadris bahasa Inggris semester IV STAIN Pamekasan yang mengikuti mata kuliah Writing 2 dengan menggunakan strategi mind mapping mendapatkan kemampuan menulis yang lebih baik dibanding kelompok mahasiswa yang tidak menggunakan strategi mind mapping. Selain itu, dirumuskan juga pertanyaan penelitian untuk mendukung hasil penelitian yaitu bagaimana respon mahasiswa setelah mengikuti matakuliah writing 2 dengan menggunakan strategi mind mapping. Penelitian ini menggunakan disain eksperimen quasi atau quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tadris bahasa Inggris semester IV STAIN Pamekasan sedangkan sampelnya adalah kelas B sebagi kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan menggunakan t-tes menunjukkan bahwa tstat adalah sebesar 3,824 dengan tingkat signifikansi 0,01 lebih besar dibandingkan t critical two tail sebesar 2,660. Dengan kata lain, kemampuan menulis (writing) mahasiswa yang menggunakan strategi mind mapping lebih baik daripada kemampuan menulis kelompok mahasiswa yang tidak menggunakan strategi mind mapping. Berdasarkan hasil angket respon mahasiswa terhadap penggunaan strategi mind mapping menunjukkan bahwa 90% mahasiswa senang mengikuti perkuliahan writing dengan menggunakan strategi mind mapping. Penerimaan mahasiswa terhadap strategi mind mapping juga menjadi indikator keefektivan strategi yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa pada mata kuliah writing.