CHARACTER BUILDING DI SD AL HIKMAH 1 SURABAYA

Abstract

Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Salah-satu lembaga pendidikan yang telah menjadi sekolah model percontohan pelaksanaan pendidikan karakter adalah SD Al- Hikmah Surabaya. Sekolah ini memperoleh penghargaan yang prestisus sebagai “the Best 1 School Practice Character” tahun 2011. Penelitian ini berusaha menggali lebih dalam tentang penerapan pendidikan karakter di SD Al-Hikmah Surabaya. Fokus penelitian ini (1)Bagaimana visi misi mengenai pendidikan karakter?. (2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter?. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif. Berdasarkan fokus penelitian dapat dihasil :(1) SD Al Hikmah membuat Visi-Misi yang sangat operasional, guna diwujudkan dalam program yang dapat dilaksanakan melalui kegiatan yang terintegrasi. (2) Rumusan visi, misi, dan tujuan sekolah diimplementasikan dalam sistem pembelajaran full day school. Sistem pembelajaran yang terintegrasi antara ilmu pengetahuan dengan praktek yang berdasarkan ajaran Islam. Keseluruhan aktivitas di SD Al Hikmah mengarah pada satu titik yaitu penciptaan anak didik yang berakhlq karimah. Akhlaq karimah inilah yang disebut sebagai pendidikan karakter. Siswa-siswi SD Al Hikmah dibekali seperangkat sistem yang mampu mengendalikan aktivitasnya di sekolah dan juga di rumah, melalui program-program yang dilaksanakan secara rutin.