RELIGIUSITAS LEMBAGA PENDIDIKAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN
Abstract
Hubungan manusia dan lingkungan bagaikan kehidupan ikandalam air, sejak lahir, tumbuh berkembang dan dewasa, manusiasenantiasa berinteraksi dengan lingkungannya, baik lingkunganalam, lingkungan manusia, maupun lingkungan sosial budaya,sehingga wajar jika watak dan prilaku manusia terbentuk olehkeadaan lingkungan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan dantempat berkumpulnya manusia yang membentuk komunitas sosialsangat membutuhkan lingkungan yang kondusif sesuai dengantata nilai atau kode etik yang diberlakukannya. Tata nilaitertinggi dan akomodatif dari kebutuhan kejiwaan seluruh wargalembaga pendidikan adalah tatanan yang bersumber dari nilainilaikeagamaan, oleh karena itu, nilai-nilai keagamaan harusterinternalisasi di seluruh aktivitas kelembagaan yangberwawasan lingkungan terutama lingkungan sosialnya.Kata Kunci : Lembaga Pendidikan, Lingkungan dan Keagamaan.