KONFIRMASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara institusi pendidikan program penitipan anak usia dini seharian (full day) dalam berkomunikasi dengan orangtua tentang pembentukan karakter di masa kanak-kanak mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model studi kasus, penulis menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi pembelajaran di SPS Batik Mangunan Kalitirto kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, wawancara, reduksi data serta studi dokumentasi buku penghubung dua anak didik program penitipan anak usia dini seharian (full day). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara SPS Batik ini dalam berkomunikasi dengan orang tua anak didik mereka dengan memfasilitasi buku Penghubung sebagai dokumentasi dan sebagai sarana untuk memberitahu kejadian yang dialami anak, materi apa saja yang diberikan di sekolah dalam masa penanaman karakter di masa kanak-kanak, ini merupakan salah satu dokumentasi yang langsung bisa dibaca oleh orang tua yang mungkin saja tidak bisa berkomunikasi langsung secara intensif dikarenakan kesibukannya. Kata Kunci: Anak Usia Dini; Pendidikan Karakter.