KREATIVITAS PENDIDIK DI LEMBAGA PAUD

Abstract

Kreativitas  anak  usia  dini  dapat  diupayakan  melalui  permainan  yang dirancang  oleh  pendidik  di lembaga PAUD, karena  dengan  permainan  anak  dapat  mengembangkan  serta mengintergrasikan semua potensinya, sehinga mereka lebih kreatif. Peran Pendidik dalam kegiatan permainan anak adalah memberikan dorongan, membimbing bermain bagi anak dan membantu anak mengembangkan potensinya, sehingga mereka menjadi anak yang kreatif. Pendidikan Anak Usia Dini (Early childhood education) adalah pendidikan yang ditujukan bagi  anak-anak  usia  prasekolah  dengan  tujuan  agar  anak  dapat  mengembangkan  potensi-potensinya sejak dini sehingga mereka dapat berkembang secara wajar sebagai anak. Tujuan dari Early childhood education adalah agar anak memperoleh  rangsangan-rangsangan  intelektual, sosial, dan emosional sesuai dengan tingkat usianya. Lembaga penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini yang formal diantaranya: tempat penitipan  anak (child  care), kelompok bermain (play  group), taman kanak-kanak (TK). Penyelengeraan ini bersifat formal, sehingga perlu adanya kurikulum yang memiliki muatan tujuan dari  Pendidikan  Anak  Usia  Dini. Kurikulum yang dikembangkan seyogianya dapat mengakomodasi tujuan dari Pendidikan Anak Usia Dini, sehingga dapat mengembangkan potensi anak sejak dini dan berkembang secara wajar sebagai anak. Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Lembaga PAUD dan Kreativitas