MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR

Abstract

Tes merupakan suatu bentuk alat evaluasi untuk mengukur seberapa jauhtujuan pengajaran telah tercapai,jadi berarti evaluasi terhadap hasilbelajar.Tes yang baik harus memenuhui beberapa persyaratan, yaitu; harusefisien, harus baku, mempunyai norma, objektif, valid (sahih), dan reliabel(andal). Untuk memperoleh tes yang memenuhi persyaratan tersebut makates yang telah dibuat perlu dianalisis. Analisis tes dimulai dari saatmenyusun tes dimana tes yang disusun harus berdasarkan Silabus/SAPsetiap mata pelajaran, membuat kisi-kisi terlebih dahulu, baru kemudianmenyusun soal sesuai kaidah-kaidah penyusunan soal berdasarkan jenis soalyang diinginkan. Bentuk tes pilihan ganda sukar atau mudahnya suatu soalbukan semata-mata ditentukan oleh materi soal, akan tetapi ditentukan jugaoleh teknik penyusunannya. Pedoman umum penulisan butir soal tes pilihanganda adalah; 1) Butir soal harus sesuai dengan indikator, 2) Pokok soal danpilihan jawaban harus dirumuskan secara jelas, singkat, padat, dan tegas,sehingga perumusan tersebut hanya mencakup pernyataan yang diperlukansaja, 3) Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar,4)Pokok soal dan pilihan jawaban tidak mengandung pernyataan yang bersifatnegatif ganda, 5) Pilihan jawaban yang merupakan kunci jawaban harusmenunjukan kebenaran mutlak dan terbaik, 6) Pilihan jawaban harushomogen dan logis secara materi dan bahasa, 7) Panjang rumusan pilihanjawaban harus relatif sama, 8) Pilihan jawaban sebaiknya jangan memakaibunyi “semua pilihan jawaban di atas salah “atau “semua pilihan jawaban diatas benar”, dan 9) Pilihan jawaban berbentuk angka harus disusunberdasarkan urutan kecil ke besar atau sebaliknya. Tes yang telah disusunperlu diuji coba terlebih dahulu kepada peserta lain sebelum diujikan kepadapeserta yang sebenarnya.Selanjutnya setiap peserta uji coba diambil skornyamasing-masing dan ditabelkan, kemudian hitung validitasnya,tingkatkesukaran, dan daya beda.Sebagai kesimpulan dari analisis tes adalah bahwadari sejumlah tes yang disusun maka soal yang diambil adalah soal-soalyang valid, indek kesukaran sedang, daya beda baik dan baik sekali.Soalyang tidak memenuhi kriteria ini dibuang (tidak dipakai).Oleh sebab itujumlah soal yang disusun harus melebihi jumlah soal yang diinginkan.Kata Kunci: validitas, reliabilitas, tes, hasil belajar