PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GAGAINCOM GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII.2 SMPN 17 KENDARI
Abstract
Ruang lingkup penelitian menitikberatkan pada permasalahan “Apakah penerapan metode pembelajaran gagaincom group melaluipenggunaan media gelas dan patung amungin dapat meningkatkanaktifitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas VII.2 SMPN 17Kendari ?”. Gagaincom group merupakan motode pembelajaran yangbersifat kooperatif yang terdiri gallery, game investigation dancompotition group. Media pembelajaran yang digunakan terdiri darigelas (galeri kelas), patung (papan berkantung) dan amungin (amploptabungan poin). Kesimpulan penelitian ini yakni pembelajaran denganmenggunakan metode gagaincom group melalui media gelas danpatung amungin telah dapat mengefektifkan pembelajaran baikmelalui aktifitas guru maupun siswa sehingga dapat meningkatkanhasil belajar siswa yang melampaui indikator keberhasilan yangmencapai rata-rata klasikal pada siklus kedua pertemuan dua sebesar84,29 dengan persentase ketuntasan 94,29%.Kata kunci : Gagaincom Group, Kooperatif dan Hasil Belajar