PENINGKATAN MUTU DAN PROFIL LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)
Abstract
Mutu memiliki pengertian yang bervariasi. Oleh karena itu,diperlukan sebuah pemahaman yang jelas terhadap variasi maknamutu tersebut. Sebuah pemahaman tentang variasi arti mutu sangatdiperlukan sebagai langkah awal dalam memahami tentang TotalQuality Management (TQM). Total Quality Management (TQM)merupakan perluasan dan pengembangan dari jaminan mutu dantentang usaha menciptakan kultur mutu, yang mendorong semuaanggota stafnya untuk memuaskan para pelanggan. TQM adalahsebuah pendekatan praktis, namun strategis dalam menjalankanroda organisasi yang memfokuskan diri pada kebutuhan pelanggandan kliennya. Bukan merupakan sekumpulan slogan, namunmerupakan suatu pendekatan sistematis dan hati-hati untukmencapai tingkatan kualitas yang tepat dengan cara yang konsistendalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sebagaisebuah pendekatan, TQM mencari sebuah peningkatan danperubahan permanen dalam tujuan sebuah organisasi/lembaga, daritujuan kelayakan jangka pendek menuju tujuan perbaikan mutujangka panjang. Total Quality Management (TQM) adalah suatumakna dan standar mutu dalam pendidikan. maka perlu diingatbahwa dalam manajemen mutu terpadu dalam pendidikan harusmenempatkan pelanggan dan produk sebagai perhatian utama. Olehkarena itu perlunya pengembangan kurikulum secara terus menerusberdasarkan kebutuhan masyarakat yang selalu berkembang.Dimana pelanggan utama pendidikan adalah peserta didik yangmenerima pelayanan pendidikan dan latihan, sedangkan produknyaadalah peluang pembelajaran yang harus tercapai keperluan yangelemennya adalah kurikulum dan sumber daya pembelajaran.Kata Kunci: Mutu, pendidikan, dan Total Quality Management