SEJARAH PESANTREN DI INDONESIA

Abstract

Salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia adalahPondok Pesantren, ia merupakan system pendidikan pertamadan tertua di Indonesia, karena sifat keislaman dankeindonesiaan terintegrasi dalam pesantren menjadi dayatariknya. Belum lagi kesederhanaan, system manhaj yangterkesan apa adanya, hubungan kiyai dan santri serta keadaanfisik yang serba sederhana. Di tengah gagalnya systempendidikan dewasa ini, ada baiknya disimak kembali systempesantren, dimana didalamnya lebih mengedepankan ilmu etikadan pengetahuan. Kiyai adalah tempat betanya atau sumberrefrensi, tempat menyelesaikan semua urusan, tempat memintanasihat dan fatwa. Oleh karena itu, mesjid sebagai salah satutempat belajar dalam perkembangannya, pesantren dilengkapidengan pondok sebagai tempat tinggal santri yang menjadi cirrikhas dari lembaga tersebut adalah rasa keikhlasan yang dimilikioleh santri dan kiyai hubungan mereka tidak hanya sekedarsebagai murid dan guru, tapi lebih seperti anak dan orang tua.Bentuk, system dan metode pesantren di Indonesia dapat dibagimenjadi dua priode; pertama, Ampel (salafi) yang mencerminkankesederhanaan secara konprehensif. Kedua, priode Gontor yangmencerminkan kemoderenan dalam system metode dan fisikbangunan, sehingga pada hakikatnya pesantren memiliki tigaunsure yakni; santri, kiyai dan asrama.Kata Kunci: Pesantren, lembaga pendidikan Islam,