OPTIMALISASI PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN UNTUK MENCERDASKAN BANGSA

Abstract

Lembaga pendidkan adalah suatu wadah untuk membinamanusia, membawa ke arah masa depan yang lebih baik. Setiaporang yang berada pada wadah tersebut akan mengalami perubahandan perkembangan menurut warna dan corak institusi tersebut.Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah lembagakeluarga, sekolah dan masyarakat yang memiliki peranan sangatstrategis yang akan menjadi pusat-pusat kegiatan pendidikan untukmenumbuhkan dan mengembangkan potensi anak sebagai makhlukindividu, sosial, susila dan religius. Dengan memperhatikan bahwaanak adalah individu yang berkembang, ia membutuhkanpertolongan dari orang yang telah dewasa, anak harus dapatberkembang secara bebas, tetapi terarah. Pendidikan harus dapatmemberikan motivasi dalam mengaktifkan anak.Anak adalah pemilik hak yang wajib dihormati olehpemangku kewajiban, yaitu orang tua, guru, dan orang dewasalainnya, serta institusi masyarakat bangsa dan negara. Hak anakmerupakan keniscayaan agar anak dapat tumbuh dan berkembangsecara humanis sejalan dengan perkembangan kejiwaannya.Dengan mengoptimalkan peran ketiga lembaga pendidikantersebut dapat dipastikan akan melahirkan anak bangsa yangcerdas. Selanjutnya hanya dari individu yang cerdas akan lahirbangsa yang cerdas yang mampu memecahkan masalahnya sendiri,dengan solusi yang cerdas dan mumpuni.Sehingga impian untuk mencerdaskan bangsa sebagaimanaamanah Undang-Undang Dasar 1945 bisa terwujud manakalaketiga lembaga pendidikan menjalankan perannya secara optimal,karena masing-masing lembaga pendidikan tersebut, mempunyaikaitan tanggung jawab yang terpadu dalam rangka pencapaiantujuan pendidikan nasional.Kata Kunci: Optimalisasi, lembaga pendidikan, dan mencrdaskanbangsa.